WEBINAR NASIONAL
KOMUNIKASI EFEKTIF DAN SERVICE EXCELLENT DALAM PELAYANAN KESEHATAN
Di tengah semakin tinggi ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, rumah sakit dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang tidak hanya bermutu dari sisi medis tetapi juga unggul dari sisi non medis. Salah satu aspek penting dalam menunjang mutu pelayanan adalah komunikasi efektif antara tenaga kesehatan dengan pasien, keluarga pasien maupun antar rekan kerja. Komunikasi yang baik akan membantu tercapainya pemahaman yang jelas mengurangi kesalapahaman serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kesehatan. Selain itu, penerapan service excellent menjadi landasan penting dalam memberikan pelayanan prima yang berorientasi pada kepuasan pasien dan keluarganya. Pelayanan prima tidak hanya mencakup kecepatan dan ketepatan, tetapi juga mencerminkan sikap ramah, empati dan profesionalisme setiap tenaga kesehatan dalam melayani. Menghadapi dinamika kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks, rumah sakit dituntut untuk mampu menyelaraskan kualitas pelayanan medis dengan kualitas interaksi manusia yang berorientasi pada kepuasan pasien. Kombinasi antara komunikasi efektif dan service excellent menjadi strategi utama dalam menciptakan pengalaman pelayanan yang tidak hanya memenuhi standar profesional, tetapi juga memberikan kenyamanan, rasa aman serta penghargaan terhadap setiap pasien. Seiring dengan meningkatnya persaingan antar fasilitas kesehatan, penerapan komunikasi efektif dan pelayanan prima juga menjadi kunci dalam memperkuat citra positif serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit. Oleh karena itu dibutuhkan pemahaman yang mendalam serta keterampilan yang terasah bagi seluruh tenaga kesehatan agar mampu mengimplementasikan kedua aspek tersebut dalam praktik sehari-hari.
Melalui webinar ini, diharapkan peserta dapat memahami prinsip, teknik dan implementasi komunikasi efektif serta sevice excellent dalam pelayanan kesehatan, sehingga mempu menciptakan pengalaman pelayanan yang optimal bagi pasien maupun keluarganya.

https://lms.kemkes.go.id/courses/051a83e3-b2e1-400b-8d43-6f9dd808db14
Kamis, 6 nOVEMBER 2025
⏰ 07.30 WIB s.d. selesai
Online Zoom & Youtube
@Rp 25.000,-
diselenggarakan oleh RSPAU dr. S. Hardjolukito Yogyakarta
LINK PENDAFTARAN
https://bit.ly/RegWebKomEfeSE_6Nov2025
TARGET PESERTA
Baca detail perolehan SKP : Pada Link Berikut
https://siakpel.kemkes.go.id/index.php/Portal/kegiatan/36353838-3432-4736-b233-353737363430
☎️ CONTACT PERSON & VERIFIKASI
0856-5555-9359 (Helpdesk Diklat)
0851-9855-2013 (Yanti)
0856-4712-0550 (Rosyi)